img-20161026-wa0088

Sosialisasi Penyusunan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa STKIP Siliwangi Bandung

Sabtu, 29 Oktober 2016

Rabu, 26 Oktober 2016, Bagian Kemahasiswaan STKIP Siliwangi Bandung menyelenggarakan Sosialisasi Penyusunan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Belmawa Dikti. Bertempat di Ruang B3 STKIP Siliwangi Bandung, kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 100 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa berbagai program studi yang ada di STKIP Siliwangi Bandung.

Hadir pula dalam acara tersebut Wakil Ketua II, Dr. H. T. Effendy Suryana, M.Pd yang sekaligus memberikan sambutan dan membuka acara. Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan bahwa pembinaan kemahasiswaan menjadi salah satu bagian utama dalam membangun karakter mahasiswa yang siap untuk memberikan kontribusinya dalam membangun bangsa dan negara Indonesia. Di masa yang akan datang, pengembangan kreativitas menjadi salah satu tujuan utama dalam layanan pendidikan tinggi di STKIP Siliwangi Bandung. Karena, hanya melalui kreativitas, lulusan dan para tenaga pendidik dapat membangun jejaring yang kuat untuk berkontribusi dalam pembangunan Indonesia di masa yang akan datang.

Pemateri dalam acara tersebut adalah Kepala Bagian Kemahasiswaan, Wahyu Hidayat, M.Pd. yang memaparkan tentang proses perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan program kreativitas yang akan dibiayai oleh Belmawa Dikti. Saat ini dikti memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mengembangkan berbagai program kreatif dan disediakan pendanaan mulai dari 5 juta hingga 12,5 juta rupiah. Dengan proses penyusunan proposal dan lainnya, diharapkan mahasiswa dapat mengikuti prosedur sebagaimana telah ditetapkan dan melakukan pelaporan sesuai dengan jadwal yang ada. Selain memberikan kesempatan kepada mahasiswa, program ini juga memberikan kesempatan kepada para dosen untuk dapat berpartisipasi sebagai pembimbing dalam kegiatan tersebut, dengan demikian dapat meningkatkan angka kredit. Oleh karena itu, program ini menjadi kesempatan dan tantangan yang tak boleh dilewatkan, untuk pembangunan karakter mahasiswa maupun dalam rangka meningkatkan kapasitas dosen dalam membantu membimbing mahasiswa melalui program kreatif produktif.