p_20161022_085251

Seminar Pengembangan Kompetensi Guru Matematika se-Jawa Barat

Rabu, 26 Oktober 2016

Sabtu, 22 Oktober 2016, STKIP Siliwangi Bandung menyelenggarakan seminar Pengembangan Kompetensi Guru Matematika se-Jawa Barat yang dilaksanakan di Gedung Graha Panca Bhakti STKIP Siliwangi Bandung, yang diikuti oleh 400 orang guru MGMP Matematika di Jawa Barat.

Hadir sebagai pemateri adalah Prof. Dr. Rer. Nat. Widodo, M.S., guru besar Matematika Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Hadir pula dalam acara tersebut Ketua STKIP Siliwangi Bandung, Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd., para wakil Ketua dan unsur pimpinan STKIP Siliwangi Bandung, beserta Ketua BPH Yayasan Kartika Jaya Cabang XIX Siliwangi. Hadir pula sebagai tamu undangan adalah, Presiden IndoMS, Prof. Dr. Budi Nuraeni, M.Si. yang juga guru besar Matematika Universitas Padjadjaran Bandung.

Dalam sambutannya, Ketua STKIP Siliwangi Bandung, Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. mengungkapkan bahwa dalam capaiannya menjadi salah satu perguruan tinggi dengan akreditasi institusi B, BAN-PT. STKIP Siliwangi Bandung terus mengedepankan peningkatan dan menjaga kualitas mutu layanan pendidikan yang diberikan bagi mahasiswa maupun masyarakat secara langsung. STKIP Siliwangi yang merupakan bukti bakti Kodam III Siliwangi, terus mengembangkan berbagai program tridharma yang inovatif dan mendiseminasikan hasilnya bagi masyarakat secara luas. Termasuk acara seminar yang menghadirkan MGMP se-Jawa Barat kali ini. Semoga, para peserta mampu mendapatkan manfaat yang terbaik dari seminar ini.

Dalam materinya, Prof. Dr. Rer. Nat. Widodo, MS. mengungkapkan bahwa pemanfaatan media dalam pembelajaran Matematika perlu untuk dikembangkan. Hal ini karena saat ini Matematika telah menjadi kebutuhan setiap orang. Sehingga perlu untuk mengembangkan inovasi yang mampu memberikan kesempatan tiap siswa, bahkan masyarakat untuk menggunakan Matematika sebagai main tools dalam kehidupan keseharian. Termasuk pemanfaatan kalkulator yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Karena, komputer dinilai kurang praktis dalam mobilitasnya. Penggunaan kalkulator juga perlu diajarkan secara tepat dan benar. Sehingga penggunaan formula yang rumit pun dapat dibantu dengan tepat, tidak hanya menggunakan aplikasi pengolah worksheet yang membutuhkan komputer yang memiliki kemampuan tinggi.

Acara yang disponsori oleh Casio Indonesia, dalam kesempatan tersebut membagikan secara gratis kalkulator scientific bagi guru-guru yang berasal dari MGMP di seluruh Jawa Barat.