img-20161010-wa0068

Geprak Peka 2016 UKM Pramuka STKIP Siliwangi Bandung

Selasa, 11 Oktober 2016

Minggu, 9 Oktober 2016 Unit Kegiatan Mahasiswa STKIP Siliwangi Bandung mengadakan acara Geprak Peka 2016. Acara tersebut merupakan akronim dari Gebyar Pramuka Kreatif Penggalang dan Penegak Terbuka. Acara ini digelar untuk Pramuka tingkat Penggalang dan Penegak se-Jawa Barat. Hadir dalam acara tersebut, Ketua STKIP Siliwangi Bandung, Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd., Kadisdik Provinsi Jawa Barat, Dr. Asep Hilman, M.Pd. dan Kepala Bagian Kemahasiswaan, Wahyu Hidayat, M.Pd. serta tamu undangan dan para pembina gugus depan para peserta lomba. Acara ini diikuti oleh 2500 peserta tingkat penggalang dan penegak.

Acara diawali dengan apel pembukaan, bertindak sebagai pembina apel adalah Dr. Asep Hilman, M.Pd. yang juga Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Selain menggelar lomba Pramuka, dalam acara tersebut juga diisi dengan acara Bazaar dari Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM) Kewirausahaan STKIP Siliwangi Bandung. Sehingga acara tersebut menjadi salah satu acara yang terintegrasi yang terpadu dalam rangka pembinaan generasi muda yang telah dilaksanakan di STKIP Siliwangi Bandung.

Dalam sambutannya, Kadisdik Provinsi Jawa Barat, Dr. Asep Hilman, M.Pd. menyampaikan bahwa dalam berbagai kesempatan pembinaan generasi muda adalah salah satu perangkat penting untuk membangun Indonesia yang lebih maju dan mampu bersaing dengan bangsa lainnya. Pengembangan pendidikan tidak hanya dilakukan dalam konteks pengembangan kognitif, melainkan juga pengembangan pendidikan karakter, termasuk dalam pendidikan melalui kepanduan atau Gerakan KePramukaan.

Ketua STKIP Siliwangi Bandung, Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. mengungkapkan bahwa proses pengembangan kepribadian di STKIP Siliwangi Bandung dilakukan dalam berbagai pendekatan termasuk diantaranya adalah pembentukan karakter. Baik dalam bidang unit kegiatan kemahasiswaan, maupun dalam program kurikuler, seperti pendidikan bela negara yang dilaksanakan dalam koridor kerjasama dengan satuan-satuan TNI di lingkungan Kodam III Siliwangi. Keberhasilan UKM Pramuka dalam menyelenggarakan program ini merupakan pencapaian yang cukup besar dan patut mendapatkan apresiasi yang cukup baik. Semoga UKM yang lainnya dapat menunjukkan bahwa pendidikan STKIP Siliwangi telah dilakukan secara terintegrasi dan berkelanjutan.

Senada dengan Ketua STKIP Siliwangi Bandung, Kepala Bagian Kemahasiswaan, Wahyu Hidayat, M.Pd. yang mewakili Wakil Ketua II, Dr. H. T. Effendy Suryana, M.Pd. mengungkapkan rasa bangganya terutama terhadap UKM Pramuka yang telah berhasil menyelenggarakan kegiatan yang telah berhasil dengan baik. KEgiatan ini diharapkan dapat berkontribusi dalam membangun karakter pendidik dan karakter profesionalisme bagi lulusan STKIP Siliwangi Bandung.