img_0043

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) STKIP Siliwangi Bandung Tahun 2016

Sabtu, 10 September 2016

Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa baru dalam menempuh perjalanan studinya, STKIP Siliwangi Bandung menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2016-2017 yang dilaksanakan mulai tanggal 5 – 8 September 2016 bertempat di Kampus STKIP Siliwangi Bandung, Jl. Terusan Jenderal Sudirman Cimahi.

Program PKKMB tersebut dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang telah ditetapkan oleh Kemenristek Dikti yang meliputi berbagai kegiatan, seperti pengenalan profil kampus, profil program studi, Unit Kegiatan Kemahasiswaan, Hak dan Kewajiban Mahasiswa, serta tantangan bagi alumni di masa yang akan datang.

Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Kasubdit  Penalaran dan Kreativitas Direktorat Kemahasiswaan, Dr. Widyo Winarso, M.Pd. dan Anggota Komis 8 DPR RI, Mustofa Sidiq. Selain itu, mahasiswa juga diberikan materi oleh pimpinan dan unsur pimpinan STKIP Siliwangi yang berlangsung sejak tanggal 5-7 September 2016.

Adapun tanggal 8 September 2016 dilaksanakan Sidang Pengukuhan Mahasiswa Baru STKIP Siliwangi tahun akademik 2016-2017 yang dipimpin langsung oleh Ketua STKIP Siliwangi Bandung, Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. dan dihadiri Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) Yayasan Kartika Jaya Cabang XIX Siliwangi, Drs. KH. Olih Komarudin, pimpinan program studi, kepala bagian, unit pelaksana teknis dan berbagai komponen struktural STKIP Siliwangi Bandung.

Dalam sambutannya, Ketua STKIP Siliwangi Bandung, Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. mengungkapkan bahwa pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru merupakan langkah pertama mempersiapkan mental dan karakter mahasiswa baru dalam menghadapi dunia akademik. Bila selama ini di SMA masih mengikuti apa yang ditugaskan guru, maka saat di kampus, mahasiswa tidak hanya mengikuti tugas dosen, tapi harus mampu membangun visi pribadi pada saat lulus dari kampus. Sehingga siap bersaing dengan berbagai lulusan perguruan tinggi lain, dan beragam bidang profesi yang akan digelutinya kelak. Untuk membangun itu semua harus dimulai dari sejak mahasiswa masuk perguruan tinggi. Kemampuan kognitif hanya bagian kecil dalam upaya meraih masa depan, sedangkan sisanya adalah kemampuan mengolah emosi dan memanfaatkannya menjadi energi untuk meraih prestasi. Beliau juga mengucapkan selamat datang di kampus inovatif, berkualitas biaya pas. Dan satu-satunya STKIP dengan akreditasi institusi B dari BAN-PT di seluruh wilayah Jabar Banten.

Dalam kesempatan lain, Ketua BPH Yayasan Kartika Jaya Cabang XIX Siliwangi, Drs. KH. Olih Komarudin, mengungkapkan selamat datang di kampus STKIP Siliwangi Bandung bagi seluruh mahasiswa baru. Beliau juga berpesan agar semangat Siliwangi menjadi modal juang para mahasiswa untuk meraih cita-cita dan masa depan yang gemilang. Esa Hilang Dua Terbilang, memiliki arti bahwa dimanapun berada mahasiswa STKIP Siliwangi harus mampu memberikan manfaat terbaik bagi masyarakat, Cadu mundur pantang mulang, bekerjalah, belajarlah. Sekali melangkah tak ada kata mundur untuk meraih kesuksesan dan cita-cita.

Acara ini diselenggarakan dengan kepanitian yang melibatkan seluruh Himpunan Mahasiswa, Unit Kegiatan Kemahasiswaan, dan para dosen yang dikoordinasikan oleh Bagian Kemahasiswaan STKIP Siliwangi Bandung.