IMG_20160730_092530 1

Seminar Nasional Kelembagaan PNFI dan Parenting

Senin, 1 Agustus 2016

Sabtu, 30 Juli 2016 Program Studi PLS dan PKBM Lentera Bangsa mengadakan acara Seminar Nasional dengan Tema Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Program PAUD melalui Parenting Education yang diselenggarakan di Aula PKBM Lentera Bangsa, Taman Kopo Indah I, Bandung. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua STKIP Siliwangi Bandung, Sekretaris Program Studi PLS, dan Dosen Prodi PLS serta Ketua PKBM Lentera Bangsa,  tamu undagan dan peserta seminar yang berasal dari lembaga PKBM dan PAUD di Bandung Raya.

Dalam sambutannya, Ketua STKIP Siliwangi Bandung, Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. mengungkapkan bahwa pendidikan dalam keluarga menjadi salah satu bagian penting dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Karena melalui keluarga-lah seseorang dapat mengenal sosok dan bentuk karakternya di masa yang akan datang terutama dengan tantangan saat ini dan di masa yang akan datang, membutuhkan karakter manusia yang benar-benar memiliki ketangguhan baik secara mental, spiritual maupun secara jasmani. Selain peran orang tua, peran guru juga menjadi bagian penting dalam membentuk masyarakat Indonesia ke depan. Para pendidik diharapkan menjadi orang tua kedua, yang memberikan contoh dan dorongan kepada peserta didik yang diasuhnya. Sehingga peserta didik benar-benar mampu mengikuti berbagai arahan yang pembelajaran yang positif untuk kehidupannya di masa yang akan datang. Ketua STKIP Siliwangi Bandung juga membuka pintu seluas-luasnya bagi masyarakat yang bermaksud untuk menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi, dalam hal ini STKIP Siliwangi Bandung. Sesuai dengan motto-nya innovative campus, maka STKIP Siliwangi Bandung berusaha sebaik mungkin untuk dapat memberikan solusi atas berbagai permasalahan pendidikan di masyarakat melalui inovasi.

Sementara itu, Ketua PKBM Lentera Bangsa, Sandy Triyasa, S.Th mengungkapkan kebahagiannya untuk dapat bekerja sama dengan STKIP Siliwangi Bandung terutama melalui agenda seminar nasional kali ini. Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, diharapkan STKIP Siliwangi Bandung dapat memberikan nilai tambah terhadap program pendidikan nonformal dan informal yang saat ini tengah digarap oleh PKBM Lentera Bangsa. Semoga kerjasama ini dapat ditingkatkan dan dikembangkan. Terutama dengan banyaknya tenaga pendidik PKBM Lentera Bangsa yang kini menjadi mahasiswa STKIP Siliwangi Bandung.

Hadir sebagai pembicara dalam kesempatan tersebut adalah dosen Program Studi Pendidikan Luar Sekolah STKIP Siliwangi Bandung yang berbicara mengenai pendekatan gender dalam pendidikan keluarga, manajemen kelembagaan satuan Pendidikan Nonformal dan Informal serta Pendekatan Pembelajaran dalam Homeschooling dan Program Pendidikan lainnya. Selain menyelenggarakan seminar, dalam kesempatan tersebut juga diadakan penandatanganan naskah kerjasama antara Program Studi PLS STKIP Siliwangi Bandung dengan PKBM Lentera Bangsa. ()