IMG-20160602-WA0060

Prof. Haryono Suyono dan Dr. Hj. Netty Prasetyani menjadi Keynote Speaker Seminar Nasional di STKIP Siliwangi Bandung

Minggu, 5 Juni 2016

Selasa, 2 juni 2016 Program Studi Magister Pendidikan Luar Sekola STKIP Siliwangi Bandung melaksanakan Seminar Nasional. Hadir sebagai pembicara utama dalam acara tersebut Dr. Hj. Netty Prasetyani, M.Si. Bunda PAUD Jabar, dan Ketua Yayasan Damandiri, Prof. Dr. Haryono Suyono. Acara dilaksanakan di Gedung Graha Panca Bhakti STKIP Siliwangi Bandung dengan dihadiri oleh sekitar 350 orang peserta yang berasal dari mahasiswa, dosen, praktisi dan alumni STKIP Siliwangi Bandung.

Ketua STKIP Siliwangi Bandung, Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. hadir untuk memberikan sambutannya, didampingi oleh unsur pimpinan STKIP Siliwangi Bandung. Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XIX Siliwangi Ny. Anita Wulandari Prasojo, M.Si, Ketua BPH Drs. KH. Olih Komarudin dan Perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Seminar nasional pascasarjana merupakan salah satu agenda rutin program magister PLS dalam menjaga kualitas lulusan karena program studi tersebut telah mendapatkan peringkat akreditasi B dari Ban PT. Selain itu, seminar juga menjadi tempat dalam upaya mendiseminasikan produk-produk inovatif pendidikan yang telah dihasilkan oleh dosen dan sivitas akademika STKIP Siliwangi Bandung. Sehingga kehadiran penelitian di perguruan tinggi mampu memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat secara luas dan mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

Ketua STKIP Siliwangi Bandung, Dr. H. Heris Hendriana, M. Pd mengungkapkan bahwa hal ini merupakan kehormatan dan kebanggan untuk senantiasa meningkatkan kualitas kehidupan akademik di STKIP Siliwangi Bandung, terutama melalu agenda acara seperti seminar, lokakarya dan pelatihan yang melibatkan masyarakat luas. Sehingga STKIP Siliwangi dan masyarakat luas dapat saling mengisi dan membangun. Dalam kesempatan ini pula menunjukkan bahwa STKIP Siliwangi Bandung memiliki komitmen yang tinggi dalam membangun pendidikan, baik di tingkat kabupaten kota maupun di tingkat nasional. Dan STKIP Siliwangi akan selalu menyediakan fasilitas pendukung pendidikan dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan kualitas kehidupan masyarakat. Sesuai dengan visi Jawa barat maju, dinamis dan sejahtera dan membangun Indonesia menuju generasi emas Indonesia. Karena hal tersebut juga merupakan salah satu tugas tri dharma perguruan tinggi. STKIP Siliwangi akan terus memasok hasil-hasil penelitian inovatif untuk membangun Indonesia dari dulu hingga masa yang akan datang.

Sedangkan Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XIX Siliwangi, Ny. Anita Wulandari Prasojo, M.Si. menyampaikan bahwa seminar ini merupakan salah satu kesempatan dalam membangun kemampuan dan keterampilan yang berhubungan dengan aplikasi keilmuan yang telah diperoleh selama proses perkuliahan. Oleh karena itu, hendaknya setiap peserta dapat mengambil manfaat yang sebaik-baiknya untuk peningkatan kualitas diri dan lingkungan di sekitarnya melalui berbagai proses pendidikan informal dan nonformal yang diselenggarakan di kampus STKIP Siliwangi Bandung.

Prof. Dr. Haryono Suyono, menyampaikan materi tentang membangun budaya pemberdayaan keluarga. Saat ini kekuatan bangsa dan negara menjadi salah satu fokus utama dalam pembangunan Indonesia saat ini dan di masa yang akan datang. Karena hanya melalui kekuatan pendidikan keluarga program pemberdayaan dapat berkembang. Banyak penelitian dan program pendidikan yang saat ini berupaya untuk membangun dan mengembangkan potensi keluarga secara menyeluruh. Karena pada prinsip dasarnya setiap pemberdayaan masyarakat harus mampu memberikan peluang dalam membangun dan mengembangkan dari sektor yang paling kecil dan paling erat yakni keluarga. Oleh karena itu, sudah saatnya kita membuat paradigma pembangunan dan pemberdayaan yang baru, yakni berdasarkan penguatan keluarga secara menyeluruh. ()