IMG-20160529-WA0109

Lomba Karya Tulis dan Orasi Ilmiah 2016

Senin, 30 Mei 2016

Minggu, 29 Mei 2016 Lingkar Studi Ilmiah dan Penalaran (LSIP) STKIP Siliwangi Bandung mengadakan lomba karya tulis dan orasi ilmiah yang diadakan untuk tingkat Kota Cimahi. Acara dibuka oleh Wakil Ketua II Dr. H.T. Effendy Suryana, M.Pd, mewakili ketua STKIP Siliwangi Bandung Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. Acara lomba karya tulis dihadiri oleh berbagai elemen mahasiswa, termasuk mahasiswa dari luar STKIP Siliwangi Bandung, seperti dari STAI Siliwangi dan Universitas Padjadjaran. Tampil sebagai juri dalam lomba LKTI adalah Dr. Hj. Teti Sobari, M.Pd., M. Afrilianto, M.Pd. dan Dinno Mulyono, S.Pd. MM. Sedangkan dalam lomba orasi ilmiah yang bertindak sebagai juri adalah Adi Nurjaman, M.Pd., M. Afrilianto, M.Pd. dan Dinno Mulyono, MM.

Tampil sebagai juara pertama Lomba LKTI adalah Iqbal Muhammad Sahid (Ilmu Pemerintahan, FISIP, Universitas Padjadjaran), disusul Tommy Tanuwijaya (Prodi. Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung), dan tampil sebagai juara ketiga adalah Nina Nurhasanah (Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Siliwangi Bandung). Sedangkan untuk lomba orasi ilmiah, tampil sebagai juara I adalah Lareka Bagus (Prodi Pendidikan Matematika, STKIP Siliwangi Bandung), disusul Citra Megiana Pertiwi (Prodi Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung) dan juara ke III adalah Muhammad Gia dari STAI Siliwangi Bandung.

Lomba tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam bidang kajian ilmiah. Hal ini merupakan salah satu dasar dalam membangun karakter pendidik dan manusia pembangunan Indonesia yang tangguh dan berdaya saing. Karena saat ini, kekurangan utama pembangunan di Indonesia adalah kemampuan untuk mengabstraksi pengalaman dan fenomena sosial menjadi kajian-kajian dan publikasi ilmiah. Secara tidak langsung mempengaruhi kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah di Indonesia, sehingga berdampak pula pada indeks membaca masyarakat Indonesia. STKIP Siliwangi Bandung melalui kegiatan ini berupaya untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mengasah kemampuannya dalam bidang kajian ilmiah, sesuai dengan standar akreditasi B untuk seluruh program studi di STKIP Siliwangi Bandung.