_MG_1513

Seminar Nusantara STKIP Siliwangi Bandung 2016

Senin, 11 April 2016

Senin, 11 April 2016 STKIP Siliwangi Bandung menjadi penyelenggara Seminar Nusantara yang dilaksanakan atas kerjasama Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jawa Barat, Institut Pendidikan Guru Kampus Tun Hussen Onn, Batu Pahat, Johor Malaysia dan STKIP Siliwangi Bandung. Seminar tersebut diselenggarakan di Gedung Graha Panca Bhakti STKIP Siliwangi. Dalam kesempatan tersebut dihadiri oleh seluruh Pimpinan STKIP Siliwangi Bandung dan Badan Pelaksana Harian (BPH) Yayasan Kartika Jaya Cabang XIX Siliwangi, pimpinan pengurus ICMI Jawa Barat dan Timbalan (Dekan) IPGK Tun Hussen Onn, Malaysia.

Dalam kesempatan tersebut, Timbalan IPGK Tun Hussen Onn Malaysia, Tn H. Hassan Pardi memaparkan mengenai bentuk pengembangan program pendidikan di Malaysia beserta prospek pengembangan dunia pendidikan dalam kerjasama antara Malaysia dan Indonesia. Menurutnya, meskipun hubungan kedua negara mengalami pasang surut, namun secara sejarah maupun ikatan darah, Malaysia adalah saudara Indonesia. Karena beliau sendiri memiliki ayah yang berasal dari Pulau Jawa. Hal ini semestinya dapat mendukung pengembangan berbagai program pendidikan yang lebih produktif dan inovatif dalam rangka membangun dan mempersiapkan generasi penerus yang siap dengan berbagai konsekuensi yang berhubungan dengan dunia pendidikan di kedua negara.

Sementara itu, Ketua ICMI Jawa Barat, Prof. Dr. H. Muhammad Najib, M.Ag. dalam sambutannya mengungkapkan bahwa, pendidikan saat ini seharusnya berinovasi agar mampu membentuk karakter seorang manusia yang baik dalam akhlaq juga baik dalam penguasaan ilmu pengetahuan. Ketidakseimbangan diantara keduanya hanya akan membuat permasalahan sosial semakin pelik. Justru hanya akan meningkatkan kualitas kriminalitas dan permasalahan sosial lainnya. Oleh karena itu, sudah saatnya saat ini, kita membangun pendidikan yang berfokus pada perbaikan karakter dan penguatan sistem sosial yang lebih baik di masa yang akan datang. Karena inilah tugas utama pendidikan.

Dari STKIP Siliwangi Bandung, dalam sesi panel diwakili oleh Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. Pada kesempatan tersebut beliau memaparkan mengenai bentuk program pengabdian kepada masyarakat berbasis inovasi dalam pembelajaran yang dilaksanakan oleh STKIP Siliwangi di Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut; Kecamatan Cilamaya, Kabupaten Karawang dan Kota Bandung. STKIP Siliwangi Bandung sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang fokus pada pembangunan pendidikan di Indonesia melalui peningkatan inovasi dalam bidang pendidikan terutama pendidikan dasar dan menengah serta pendidikan masyarakat. Bidang-bidang pembangunan pendidikan merupakan fokus utama dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di masa yang akan datang.

Seminar dilaksanakan mulai pukul 07.30 dan dimulai dalam sesi pararel sebagai pembuka dimana para dosen dari IPGK Tun Hussen Onn dan Dosen STKIP Siliwangi memberikan pemaparan mengenai inovasi dalam pendidikan yang ditemukan berdasarkan hasil penelitian yang bertempat di gedung H untuk program PAUD, gedung A untuk program PLS, Gedung B untuk Program Pendidikan Matematika, Gedung C untuk program Pendidikan Bahasa Inggris, dan Gedung G untuk Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.