IMG_20160119_083153

Internalisasi Profesionalisme Dosen STKIP Siliwangi Bandung 2016

Kamis, 21 Januari 2016

Selasa, 19 Januari 2016, seluruh dosen di lingkungan STKIP Siliwangi Bandung mengikuti kegiatan internalisasi profesionalisme dosen STKIP Siliwangi Bandung yang dilaksanakan di Ruang B3, Gedung B, STKIP Siliwangi Bandung. Acara tersebut juga dihadiri oleh Pimpinan STKIP Siliwangi Bandung dan Ketua BPH Yayasan Kartika Jaya Cabang XIX Siliwangi, Drs. KH. Olih Komarudin.

Hadir sebagai pemateri utama adalah Brigjen TNI Wuryanto, S.Sos, M.Si selaku Kasdam III Siliwangi dan Dr. Subachi Idris, M.Si selaku Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten. Acara dibuka langsung oleh Ketua STKIP Siliwangi Bandung, Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd.

Dalam pemaparan materi tentang Membangun Pendidikan Berkarakter Bangsa, Brigjen TNI Wuryanto, S.Sos, M.Si menjelaskan mengenai peran pendidik dan LPTK dalam membangun sistem ketahanan bangsa melalui pendidikan dan penanaman karakter bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di dunia global saat ini. Ia menjelaskan bahwa peran pendidik sangat penting untuk membangun karakter utama masyarakat dalam memahami potensi dan kekuatan bangsa untuk bersaing dengan bangsa lain saat ini maupun di masa yang akan datang. Pada sesi pertama ini, bertindak selaku moderator adalah Ketua STKIP Siliwangi Bandung, Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd.

Sedangkan pada materi kedua, bertindak selaku moderator adalah Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. Pada sesi kedua Dr. Subachi Idris, M.Si, memaparkan kebijakan-kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan peningkatan profesionalisme dosen di masa yang akan datang, terutama yang berkaitan dengan implementasi tridharma perguruan tinggi. Saat ini dosen dihadapkan pada berbagai tantangan yang datang tidak hanya dari dalam negeri, tapi dari seluruh penjuru dunia. Oleh karenanya, peningkatan profesionalisme dosen menjadi sangat penting dan mendesak.  Selain itu, ia juga memaparkan tentang berbagai metode pembelajaran yang berbasis pada pendidikan orang dewasa dan perbandingannya dengan sistem pembelajaran di beberapa negara maju, seperti Jepang, Australia dan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Di akhir acara dilakukan pembagian booklet Mahjunit (Ceramah Tujuh Menit), karya Drs. KH. Olih Komarudin, dan ditutup oleh Dr. H. Ade Sadikin Akhyadi, M.Si.

Untuk mendapatkan materi Dr. Subachi Idris, M.Si. dapat diunduh pada link dibawah ini :

  1. ISU-ISU AKTUAL DI LING PT
  2. PEMBELAJARAN ABAD 21