IMG-20151128-WA0026

PENGUATAN KUALITAS KESEHATAN MASYARAKAT, STKIP SILWIANGI KIRIMKAN DELEGASI PIK R/M KOTA CIMAHI

Senin, 30 November 2015

Pada tanggal 28  November 2015, STKIP Siliwangi mengirimkan utusan untuk mengikuti pengarahan dan workshop PIK R/M yang diselenggarakan Pemerintah Kota Cimahi. Kegiatan ini pula dilaksanakan di Balai Kota Cimahi dan dihadiri oleh perwakilan SMP dan SMA di Seluruh Kota Cimahi dan dihadiri dua perguruan tinggi yaitu STIKES Dustira dan STKIP Siliwangi Bandung. Dalam kegiatan ini merupakan upaya pembantukan PIK R/ M yang menjadi wadah konsultasi bagi remaja dan mahasiswa yang memuat kompetensi utama dalam bidang TRIAD KRR (3 Resika Ancaman Dasar Kesehatan Reproduksi Remaja) yaitu Napza, Free Sex dan HIV/ AIDS. STKIP Siliwangi diwakili oleh Novi Widiastuti, M.Pd. dan Rini Rahayu dari Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, STKIP Siliwangi Bandung.

PIK-R adalah adalah suatu wadah kegiatan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi serta penyiapan kehidupan berkeluarga.

Masa remaja seperti ini oleh Bank Dunia disebut sebagai masa transisi kehidupan remaja. Transisi kehidupan remaja oleh Bank Dunia dibagi menjadi 5 hal (Youth Five Life Transitions).Transisi kehidupan yang dimaksud menurut Progress Report World Bank adalah:

  1. Melanjutkan sekolah (continue learning)
  2. Mencari pekerjaan (start working)
  3. Memulai kehidupan berkeluarga (form families)
  4. Menjadi anggota masyarakat (exercise citizenship)
  5. Mempraktekkan hidup sehat (practice healthy life).

STKIP Siliwangi terpilih sebagai salah satu lembaga pendidikan yang diharapkan mampu menjadi salah satu rujukan dalam penyelenggaraan program PIK-R/M dalam mendidik dan mempersiapkan generasi muda agar lebih siap dalam menghadapi tantangan masa depan, terutama yang bermula dari lingkunga keluarga dan kesehatan remaja.