DSCF1394

SEMINAR NASIONAL PBS INDONESIA, STKIP SILIWANGI BANDUNG 2015

Rabu, 25 November 2015

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Siliwangi Bandung, kembali menggelar Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dilaksanakan di Gedung Aula Graha Panca Bhakti STKIP Siliwangi Bandung, pada tanggal 25 Nopember 2015.

Pemateri Utama yang dihadirkan adalah Prof.  Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd (Guru Besar Universitas Sebelas Maret, Surakarta), Dr. Maman Suryaman,  M.Pd. (Universitas Negeri Yogyakarta) dan Dra. Anita Wulandari Prasojo, M.Si. (Public Relation Marketing Trans Corp./ Ketua Yayasan Kartika Jaya Siliwangi Cabang XIX Kodam III/ Siliwangi).

Seminar Nasional PBS Indonesia kali ini diikuti oleh  800 orang peserta, yang terdiri dari mahasiswa, dosen, guru maupun pemerhati bahasa. Pada kesempatan ini pula, hadir beberapa orang peserta dari Malaysia.

Pelaksanaan seminar diawali dengan seminar Panel kemudian dilanjutkan pada sesi pararel yang menampilkan sebanyak 42 pemakalah, baik dari kalangan akademisi, guru maupun para praktisi dan pemerhati bahasa dan sastra Indonesia.

Seminar kali ini mengangkat tema, “Peran Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)”. Pemilihan tema ini menurut Panitia merupakan salah satu upaya dalam mempersiapkan bangsa Indonesia untuk memasuki MEA. Selain itu, tema ini juga menjadi salah satu sentral pengembangan bahasa dan sastra Indonesia dalam menjaga kelestarian Bahasa Indonesia sebagai karakter dan kepribadian bangsa Indonesia. Diharapkan peran bahasa Indonesia, tidak hanya sebagai alat komunikasi melainkan mendorong pengembangan bahasa Indonesia, sebagai bahasa profesional di tengah kehidupan global. Dan pada akhirnya, bahasa Indonesia, dapat menjadi salah satu bagian dalam menjaga ketahanan bangsa di tengah gempuran budaya asing yang masuk melalui berbagai media kehidupan.

Pada kesempatan ini juga, telah ditandatangani naskah kerjasama dengan Universitas Baturaja dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Garut.

Ketua STKIP Siliwangi pada kesempatan ini menyatakan kebahagiaan dan kebanggaannya. Bahwa hingga saat ini, setiap program studi di STKIP Siliwangi Bandung, telah mampu melaksanakan seminar nasional secara rutin tiap tahun. Dan mampu melahirkan prosiding seminar yang telah memilik ISSN maupun ISBN. Ini merupakan bagian penting dalam membangun komu

nikasi antara STKIP Siliwangi Bandung dengan para pengguna hasil penelitian baik dalam bidang pendidikan secara khusus, maupun dalam upaya meningkatkan kualitas pembangunan dalam bidang lainnya. Sehingga produk inovatif STKIP Siliwangi Bandung dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.