STKIP Siliwangi Bandung Selenggarakan Pembinaan Dosen PTS di lingkungan APTISI Komisariat V Wilayah IV A Jawa Barat

Rabu, 27 September 2017

Rabu, 27 September 2017, STKIP Siliwangi Bandung menyelenggarakan pembinaan bagi dosen perguruan tinggi swasta di Lingkungan APTISI Komisariat V Wilayah IV A Jawa Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh pimpinan dan dosen Perguruan Tinggi swasta di lingkungan APTISI Komisariat V Wilayah IV A Jawa Barat. Bertempat di Gedung Graha Panca Bhakti STKIP Siliwangi Bandung, acara ini juga dihadiri oleh Ketua APTISI Wilayah IV A Jawa Barat, Prof. Dr. H. Eddy Yusuf, M.Kom, Kordinator Kopertis Wilayah IV, Prof. Dr. H. Uman Suherman, M.Pd., serta Ketua Komisariat V APTISI Wilayah IV A, Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd.

Dalam sambutannya, Ketua STKIP Siliwangi Bandung yang juga Ketua Komisariat V APTISI Wilayah IV A, menyebutkan bahwa upaya pembinaan dosen Perguruan Tinggi Swasta merupakan salah satu amanat untuk meningkatkan kualitas dan daya saing perguruan tinggi swasta. Karena tantangan terbesar perguruan tinggi swasta adalah menghadapi berbagai tantangan yang berhubungan dengan karakter masyarakat Indonesia dalam menghadapi persaingan global.

Ketua APTISI Wilayah IV A Jawa Barat, Prof. Dr. H. Eddy Yusuf, M.Kom. menyebutkan bahwa dalam berbagai kerangka pengembangan, musyawarah dapat menjadi salah satu cara untuk mengembangkan kapasitas perguruan tinggi swasta dalam menjawab tantangan kehidupan bangsa. Bila bisa diselesaikan dengan musyawarah, kenapa harus memilih vooting, dan bila bisa diselesaikan dengan cepat, kenapa harus dibuat lama. Termasuk dalam pembinaan dosen, agar memahami bahwa kehidupan bangsa Indonesia selalu bermuara pada tradisi mufakat untuk bersama dan efiesien dalam pemanfaatan setiap sumber daya.

Sedangkan Koordinator Kopertis IV Jabar Banten, Prof. Dr. H. Uman Suherman, M.Pd. menyebutkan bahwa dalam pengmebangan kapasitas dosen yang paling utama adalah membuat dosen mampu untuk berkreasi dan berinovasi sesuai dengan bidang ilmu dan tuntutan masyarakat. Oleh karena itu, setiap PTS diharapkan selain dapat mengembangkan kompetensi mahasiswa tapi juga meningkatkan kapasitas dosennya masing-masing sesuai dengan perkembangan kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara.

STKIP Siliwangi berkomitmen untuk terus membangun layanan pendidikan tinggi yang berkembang dengan kekuatan kemandirian, berdaya saing dan saling membangun satu sama lain. Bangsa Indonesia dapat tumbuh menjadi bangsa yang mandiri bila pendidikan dapat memberikan layanan dan menjawab kebutuhan masyarakat saat ini dan di masa yang akan datang.