OBSERVASI INOVASI PENDIDIKAN DAN SEMINAR BERSAMA STKIP SILIWANGI DENGAN LEMBAGA PENDIDIKAN DI MALAYSIA DAN THAILAND

Sabtu, 9 September 2017

Sesuai dengan Nota Kesepakatan antara STKIP Siliwangi Bandung dan IPGM (Institut Pendidikan Guru Malaysia) Tun Hussein Onn, pada tanggal 4-8 September 2017, pimpinan, dosen dan mahasiswa Pascasarjana STKIP Siliwangi melaksanakan seminar bersama sekaligus silaturahmi diantara dua lembaga, bertempat di Auditorium Pendidikan IPGM Tun Hussein Onn Malaysia.

Seminar tersebut mengangkat tema tentang inovasi pendidikan diantara kedua negara dan lembaga pendidikan tinggi. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan tinggi di kedua lembaga, baik STKIP Siliwangi maupun IPGM Tun Hussein Onn Malaysia.

Dalam sambutannya, Ketua STKIP Siliwangi Bandung, Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. mengungkapkan bahwa dengan adanya kerjasama diantara dua lembaga diharapkan memberikan kesempatan kepada para mahasiswa dan dosen untuk melaksanakan pengembangan program pendidikan, penelitian dan pengabdian bersama. Sehingga lebih berdaya guna bagi kerjasama diantara kedua negara. STKIP Siliwangi telah berkomitmen untuk senantiasa menjaga kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas baik di Indonesia, maupun Malaysia.

Selain melawat ke IPGM Tun Hussein Onn, STKIP Siliwangi juga berkesempatan untuk melakukan observasi inovasi pendidikan dan pembelajaran ke Sekolah Kebangsaan Penghulu Salleh (Sekolah Rendah/ TK-di Indonesia*), dan SMK(P) Temenggung Ibrahim. Rangkaian kegiatan kemudian dilanjutkan dengan melakukan observasi ke negara tetangga Malaysia, yaitu Thailand. Di negara tersebut STKIP melakukan observasi inovasi dan pembelajaran di Patayya School 11 (SMA). Semoga dengan diadakannya kerjasama antara pihak-pihak yang terlibat ini dapat saling meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di negara masing-masing.

*) redaksi