Dirjen PAUD Dikmas, dan Kordinator Kopertis Wilayah IV Hadiri Pengukuhan Mahasiswa Baru STKIP Siliwangi

Minggu, 3 September 2017

Minggu, 3 September  2017, STKIP Siliwangi Bandung melaksanakan pengukuhan mahasiswa baru STKIP Siliwangi Bandung tahun akademik 2017-2018 yang digelar di Gedung Graha Panca Bhakti STKIP Siliwangi Bandung. Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Dikmas dan PAUD, Ir. Harris Iskandar, Ph.D, Koordinator Kopertis Wilayah IV Jabar dan Banten, Prof. Dr. Uman Suherman, M.Pd. dan Kepala Pusat Pengembangan Dikmas dan PAUD Jawa Barat, Dr. Muhammad Hasbi, M.Pd.

Dalam sambutannya, Ketua STKIP Siliwangi Bandung, Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. mengungkapkan bahwa mahasiswa baru STKIP Siliwangi Bandung, dihadapkan pada tantangan global yang semakin merasuk dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat. Mahasiswa dituntut untuk mampu memberikan solusi dan pemecahan masalah atas tantangan yang ada. Kekuatan akademik harus seiring dengan keterampilan dalam mengelola kekuatan sosial dan pribadi yang positif. Sehingga mampu menyeimbangkan kemampuan pribadi, sosial dan profesional. STKIP Siliwangi Bandung, berkomitmen untuk membangun sumber daya manusia yang tidak hanya cerdas, tapi inovatif, kreatif dan menjadi bagian dalam solusi pembangunan manusia Indonesia ke depan. Sesuai dengan motto STKIP Siliwangi, yaitu smart and innovative campus.

Dalam orasi ilmiahnya, Koordinator Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Prof. Dr. Uman Suherman, M.Pd. mengungkapkan bahwa menjadi bagian dari Siliwangi dan STKIP Siliwangi harus menjadi kebanggaan. Karena, dengan berbagai fasilitas dan capaian prestasinya, STKIP Siliwangi diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi kehidupan mahasiswa baru. Terutama dengan membentuk karakter kepribadian, karakter kerja yang profesional, karakter komunikasi yang handal dan karakter hidup yang tangguh untuk saling mengisi. Mahasiswa tidak hanya ditantang untuk dapat menyelesaikan studi tepat waktu, namun harus mampu menjadi bagian dari solusi permasalahan pendidikan yang baru dapat diraih oleh sebagian saja masyarakat Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur PAUD dan Dikmas, Ir. Harris Iskandar, Ph.D menyatakan bahwa dalam perkembangannya kondisi nasional dan internasional saat ini, mahasiswa harus mampu membaca berbagai peluang dan tantangan yang ada. Sehingga mampu memanfaatkan potensi sekecil apapun untuk dapat berkembang dan menyelesaikan permasalahan. Dari berbagai data yang ada, seringkali perubahan didorong oleh motivasi kaum intelektual muda untuk terus mengisi dan membangun kehidupan bermasyarakat. Indonesia membutuhkan kaum muda untuk terus bergerak, dengan berbagai potensi yang ada, Indonesia dapat terus berkembang, asalkan kaum muda mampu membuktikan jati dirinya yang produktif, inovatif dan konsisten dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

Dalam kesempatan tersebut, seluruh hadirin juga mengikuti hiburan dengan play angklung, sehingga seluruh hadirin diundang untuk memainkan angklung, mulai dengan lagu twinkle little stars hingga I have a dream. Pada tahun ini, STKIP Siliwangi Bandung menerima sebanyak 1.978 orang mahasiswa yang terdiri dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Guru PAUD, Pendidikan Guru SD, Bimbingan dan Konseling, Program Magister Pendidikan Matematika, Program Magister Pendidikan Luar Sekolah dan program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia. ()