Seminar Nasional PGSD 2017

Kamis, 10 Agustus 2017

MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

DALAM MEMBANGUN GENERASI EMAS 2045

 

Latar Belakang

Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang dulu dikenal dengan sebutan “Sekolah Pendidikan Guru (SPG)”  ini mulai banyak dilirik oleh Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta untuk mendirikan atau membuka program studi (Prodi) baru. PGSD merupakan program studi yang banyak diminati dalam beberapa tahun terakhir, terbukti dari tahun ke tahun minat mahasiswa baru untuk masuk Prodi PGSD  mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Begitupun dengan Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Siliwangi (STKIP) Bandung yang baru membuka Prodi PGSD sebagai wadah bagi guru dan calon guru khususnya guru Sekolah Dasar (SD) untuk dapat mengembangkan keilmuan dalam bidang pendidikan dasar. Untuk mendukung peran serta Prodi PGSD STKIP Siliwangi Bandung dalam mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi dan meningkatkan kegiatan kultur akademik, maka Prodi PGSD mengadakan sebuah agenda yang berskala nasional untuk membangun dan membentuk citra akademik sebagai sebuah identitas yang mandiri dan solid dalam bidang pendidikan dasar. Hal ini perlu dilakukan untuk mendukung kinerja dalam Tridharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) yang juga membutuhkan peran serta dari seluruh stakeholder yang ada sehingga bangsa yang besar ini dapat menghadapi persaingan di tingkat regional maupun internasional.

Pendidikan dasar adalah kunci (elementary education is key) dalam menyongsong perubahan demi sebuah kemajuan. Tanpa pendidikan dasar yang baik, tentunya pendidikan menengah, pendidikan tinggi bahkan bangsa Indonesia juga akan ketinggalan jauh dari bangsa lain. Berkualitas atau tidaknya Sumber Daya Manusia (SDM) sebuah bangsa sangat ditentukan oleh bagaimana pengelolaan pendidikan dasarnya dalam menjawab tantangan dan perubahan yang terjadi di tingkat regional dan internasional.

Menghadapi 100 tahun kemerdekaan bangsa Indonesia, banyak rancang bangun tentang pendidikan di masa depan oleh pemerintah sudah dituangkan dalam program jangka panjang yang jelas dan terukur, salah satunya melalui pemberlakuan kurikulum pendidikan nasional 2013 dengan tujuan untuk pendidikan berkualitas dalam membangun generasi emas 100 tahun kemerdekaan bangsa Indonesia. Dengan demikian, tentu saja meminta kita semua sebagai generasi penerus bangsa Indonesia untuk bisa menyikapinya dengan bijak dalam menyiapkan SDM yang berkualitas, berdaya saing, serta unggul. Tanpa SDM yang berkualitas mustahil bangsa Indonesia bisa bersaing dan unggul pada masa 100 tahun bangsa Indonesia merdeka.

Wujud kegiatan yang akan dilaksanakan prodi PGSD adalah Konferensi Nasional Pendidikan Dasar dengan mengangkat tema “Meningkatkan Kualitas Pendidikan Guru Sekolah Dasar Dalam Membangun Generasi Emas 2045”. Dengan adanya tema ini tentunya diharapkan semua pihak bisa memberikan kontribusi secara nyata dalam memajukan pendidikan dasar di Indonesia. Melakukan perubahan yang besar harus dimulai dari fondasi/landasannya, dalam hal pendidikan di Indonesia tentunya itu harus diawali dengan kesiapan dari pendidikan dasarnya. Kenyataannya masih banyak pendidikan di Indonesia yang belum sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang diharapkan, khususnya pada pendidikan dasarnya.

Dengan merujuk pada latar belakang yang telah diungkapkan sebelumnya, maka kami seluruh civitas akademika Program Studi PGSD STKIP Siliwangi Bandung akan mengadakan sebuah agenda urun rembuk dengan mengangkat tema yang telah dipaparkan  di atas sebagai bentuk insan akademik dan sebagai generasi penerus dari bangsa ini terhadap perkembangan pendidikan di lingkup nasional.

 

Dasar Kegiatan

Adapun dasar-dasar kegiatan seminar nasional ini sebagai berikut:

  1. Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945;
  2. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  3. Undang-Undang No. 28 Tahun 2004 tentang Yayasan;
  4. Peraturan Pemerintah No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi;
  5. Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
  6. Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

Nama dan Tema Kegiatan

Nama kegiatan ini adalah National Conference of Elementary Education (NCEE) 2017 dengan tema Meningkatkan Kualitas Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam Membangun Generasi Emas 2045.

 

Bentuk Kegiatan

Konferensi yang akan dilaksanakan memiliki beberapa jenis kegiatan, diantaranya:

  1. Sesi Panel

Sesi Panel diisi oleh pakar-pakar ke-SD-an, yaitu Prof. Udin S. Sa’ud, Ph.D., Guru Besar dalam Bidang Pendidikan Dasar dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, dan Dr. Mubiar Agustin, M.Pd., Praktisi dalam Bidang Pendidikan Dasar dari UPI Bandung.

  1. Sesi Paralel Seminar

Sesi Paralel diisi oleh para pemakalah yang artikelnya terpilih sebagai presenter yang berasal dari guru, dosen, mahasiswa pascasarjana, dan praktisi-praktisi dalam bidang pendidikan dasar.

 

Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan kegiatan ini sebagai berikut:

  1. Mewujudkan tugas perguruan tinggi dalam hal Tridharma Perguruan Tinggi.
  2. Mendapatkan gambaran mengenai keadaan pendidikan dasar terkini, dan bagaimana cara mewujudkan pendidikan dasar yang lebih berkualitas.
  3. Memfasilitasi ruang dialog antara mahasiswa, pendidik, dan tenaga kependidikan dengan pakar pendidikan dasar.
  4. Memetakan basis kekuatan pendidikan Indonesia dalam mewujudkan generasi emas, serta partisipasi mahasiswa, pendidik, dan tenaga kependidikan dalam menghadapi 100 tahun Indonesia merdeka pada bidang pendidikan dasar.

 

Manfaat Kegiatan

Manfaat-manfaat yang bisa diambil dari kegiatan ini sebagai berikut:

  1. Didapatkannya gambaran empirik tentang peluang dan partisipasi stakeholder pendidikan dasar dalam menghadapi 100 tahun Indonesia merdeka.
  2. Terbukanya wawasan dan pengetahuan mahasiswa, pendidik, dan tenaga pendidikan mengenai keadaan pendidikan dasar di Indonesia.
  3. Terbukanya gambaran bagi mahasiswa, pendidik, dan tenaga pendidikan untuk perbandingan (komparasi) pendidikan di Indonesia dengan Negara-negara di kawasan Asia Tenggara dalam hal pendidikan dasar.

 

Waktu dan Tempat

Adapun waktu pelaksanaan kegiatan konferensi nasional ini akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 13 September 2017 di Aula Graha Panca Bakti STKIP Siliwangi Bandung mulai Pukul.08.00 s.d. selesai.

 

Peserta Kegiatan

Kegiatan ini ditujukan untuk calon pendidik (mahasiswa) PGSD, pendidik SD, dan tenaga kependidikan di tingkat daerah Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Wilayah Kota Bandung, Provinsi Jawa barat, dan Nasional.

 

Susunan Kepanitiaan

Panitia kegiatan ini adalah Dosen, Mahasiswa, dan Civitas Akademika Prodi PGSD STKIP Siliwangi Bandung. Adapun susunan kepanitiaannya sebagaimana terlampir.

 

Estimasi Biaya

Susunan rancangan anggaran biaya kegiatan ini sebagaimana terlampir.

 

Penutup

Demikian proposal konferensi nasional Pendidikan Dasar Tahun 2017 ini dibuat, mudah-mudahan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini mampu bersama-sama mewujudkan peningkatan komitmen multi pihak dalam upaya mewujudkan pendidikan dasar yang lebih bermutu, berkualitas, dan berdaya saing.

 

Untuk Pendaftaran Klik disini