Seminar Nasional PLS 2017

Jumat, 19 Mei 2017

SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH 2017

PENGUATAN PAUD DAN DIKMAS BERBASIS KARKTER BUDAYA

Pendahuluan

Pendidikan pada hakekatnya adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahklak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya masyarakat, bangsa dan negara.

Pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia, dan tanggap terhadap perubahan zaman. Fungsi dan tujuan pendidikan nasional tercantum dalam UU No. 20 tahun 2003.

Pendidikan informal merupakan jalur pendidikan keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri yang dilakukan secara sadar dan bertanggung jawab. Hasil pendidikan informal diakui sama dengan pendidikan formal dan nonformal setelah peserta didik lulus ujian sesuai dengan standar nasional pendidikan.

Jalur pendidikan di Indonesia meliputi jalur pendidikan formal, nonformal dan informal.  Ketiganya memiliki perbedaan yang saling mengisi dan melengkapi. Seperti sudah dijelaskan bahwa jalur pendidikan adalah wahana yang dilalui peserta didik untuk mengembangkan potensi diri dalam suatu proses pendidikan yang sesuai dengan tujuan pendidikan.  Karenanya pemerintah mengundangkan jalur pendidikan.

Pemerintah mengagas jalur pendidikan ini dikarenakan sistem pendidikan nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dimana yang menjadi peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu, tenaga kependidikan adalah anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan dan pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan. Namun demikian, perlu untuk ditekankan mengenai pengembangan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan Pendidikan Masyarakat yang ditopang oleh kekuatan profesionalisme baik dalam kepribadian, sosial, maupun kompetensi keahliannya masing-masing.

Tujuan

Tujuan pelaksanaan seminar nasional, pendidikan luar sekolah, diantaranya adalah :

  • Memantapkan eksistensi STKIP Siliwangi sebagai ‘smart and innovative campus, melalui perluasan produk penelitian dan pengabdian yang pernah dilakukan oleh sivitas akademika STKIP Siliwangi.
  • Mengembangkan sumber kajian keilmuan pendidikan nonformal dan informal sebagai salah satu bidang fokus pengembangan pendidikan di Indonesia, yang menjadi salah satu jalur dalam garapan bidang pendidikan luar sekolah.
  • Memperluas wawasan keilmuan mahasiswa dalam jalur pendidikan nonformal dan informal yang berimplikasi pada peningkatan kualitas lulusan/ output program studi pendidikan luar sekolah.

Landasan

Dasar/ landasan dari kegiatan ini adalah :

  • Amanat Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20/ 2003.
  • Visi dan Misi STKIP Siliwangi Bandung
  • Renstra dan Renop STKIP Siliwangi Bandung
  • Rencana Kegiatan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Tema Seminar

Tema yang diambil dalam seminar kali ini adalah, “Penguatan PAUD dan DIKMAS berbasis Karakter Budaya”.

Tema tersebut dipilih, karena selama ini perkembangan pendidikan informal sudah demikian pesat, termasuk pengembangan program parenting, konsultasi pendidikan keluarga dan sebagainya. Namun secara keilmuan, pendidikan informal masih sangat sedikit menjadi bahan kajian secara khusus dalam dunia akademik di Indonesia.

Output Program

Luaran dari kegiatan ini adalah :

  • Meningkatnya eksistensi STKIP Siliwangi sebagai salah satu LPTK terbaik di Indonesia, sesuai dengan visinya, yaitu ‘smart and innovative campus’.
  • Meningkatnya kuantitas dan kualitas bahan kajian yang berfokus pada pengembangan jalur pendidikan nonformal dan informal yang ada di Indonesia, terutama dalam bentuk prosiding seminar nasional.
  • Meningkatnya pemahaman mahasiswa STKIP Siliwangi, terutama mahasiswa program studi Pendidikan Luar Sekolah dalam kajian pendidikan nonformal dan informal, sehingga lebih mampu untuk menganalisis permasalahan pendidikan yang ada dan mengembangkan solusi untuk permasalahan tersebut.

Waktu dan Tempat

Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan Seminar adalah sebagai berikut :

Hari/ Tanggal              : Kamis, 27 Juli 2017

Waktu                            : Pukul 08.00 – selesai.

Tempat                         : Aula Graha Panca Bakti, STKIP Siliwangi Bandung

Pemateri

Keynote (pemateri kunci) dalam kegiatan seminar ini adalah :

  • Dr. H. Muhammad Hasbi, S.Sos., M.Pd. (Kepala PP PAUD dan DIKMAS Regional II Jawa Barat)
  • Prof. Dr. H. Enceng Mulyana, M.Pd. (Guru Besar Pendidikan Luar Sekolah STKIP Siliwangi Bandung).
  • Dr. H. Ade Sadikin Akhyadi, M.Si. (Wakil Ketua III STKIP Siliwangi Bandung)

 

Untuk Pendaftaran Online Silakan Klik DISINI