Wisuda Sarjana Ke-32 dan Pascasarjana ke-11 STKIP Siliwangi Bandung

Sabtu, 17 Desember 2016

Sabtu, 17 Desember 2016, STKIP Siliwangi Bandung melaksanakan Sidang Senat Wisuda tahun akademik 2016-2017. Pada wisuda kali ini, STKIP Siliwangi Bandung mewisuda sebanyak 555 wisudawan, dari Program Studi Pascasarjana Pendidikan Luar Sekolah dan Pascasarjana Pendidikan Matematika. Juga dari program studi sarjana, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Guru PAUD. Hadir dalam kesempatan tersebut adalah Jajaran Pimpinan STKIP Siliwangi Bandung, dosen dan staf, Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XIX Siliwangi, Metty R. Herindra beserta pengurus yayasan, Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) Yayasan Kartika Jaya Cabang XIX Siliwangi, beserta jajaran, Koordinator Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Prof. Dr. Abdul Hakim Halim, M.Sc., Pangdam III Siliwangi yang diwakili oleh Irdam III Siliwangi, Kolonel Inf. Edy Purwanto, SH.

Dalam sambutannya, Ketua STKIP Siliwangi Bandung, Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. mengungkapkan bahwa dalam STKIP Siliwangi di  penghujung tahun 2016 telah mencapai beragam prestasi baik dalam bidang akademik, pengabdian maupun penelitian. Capaian tersebut menunjukkan tren positif, setelah ditambah dengan pembukaan tiga program studi baru, yaitu Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Studi Pendidikan Guru SD, dan Program studi Bimbingan dan Konseling. Beragam tantangan dalam capaian tersebut hadir di tengah perjalanan. Namun, STKIP Siliwangi akhirnya berhasil mendapatkan akreditasi institusi B yang hanya satu-satunya di lingkungan Kopertis Wilayah IV Jabar dan Banten juga salah satu dari 6 STKIP yang ada di seluruh Indonesia. Meskipun demikian, STKIP Siliwangi Bandung akan terus bergerak dan berupaya untuk meraih capaian yang lebih baik demi memberikan layanan pendidikan tinggi yang semakin berkualitas bagi masyarakat. Tidak hanya masyarakat Jawa Barat dan Banten tapi juga seluruh Indonesia.

Sementara itu, Ketua BPH Yayasan Kartika Jaya Cabang XIX Siliwangi, Drs. KH. Olih Komarudin mengungkapkan rasa bahagia atas berbagai capaian yang telah diraih oleh STKIP Siliwangi Bandung. Sehingga beragam capaian prestasi dan keberhasilan tersebut mampu dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Semoga ke depan, STKIP Siliwangi Bandung semakin berkembang dan berkiprah dalam dunia pendidikan nasional Indonesia maupun dalam dunia global.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XIX Siliwangi, Ibu Metty R. Herindra, menyampaikan pesan, bahwa para alumni harus sadar dengan perannya yang baru, yaitu sarjana pendidikan. Kaum  intelektual yang perlu untuk berkembang dan bergerak lebih luas dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa membangun karakter bangsa Indonesia yang lebih dewasa dan sigap dalam menjawab tantangan kehidupan ke depan.

Koordinator Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Prof. Dr. Abdul Hakim Halim, M.Sc. mengungkapkan bahwa dalam beragam tantangan kehidupan ke depan. Kekuatan utama pendidikan adalah menyadarkan manusia bahwa di masa yang akan tantangan akan semakin luas dan beragam. Oleh karena itu, para wisudawan hendaknya memahami bahwa kehidupan adalah universal, dimana kasih sayang antar mahluk hidup maupun dengan lingkungannya adalah syarat mutlak kehidupan di masa yang akan datang. Mewariskan generasi yang lemah, mewariskan kerusakan  lingkungan, kerusakan ahlak, kekacauan dalam kehidupan bernegara adalah kondisi yang harus dihindari dan hanya bisa dibentuk melalui pendidikan. Hendaknya para wisudawan mampu memahami perannya sebagai bagian dari masyarakat.

Dalam kesempatan selanjutnya, Pangdam III Siliwangi, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Irdam III Siliwangi, Kolonel Inf. Edy Purwanto, SH. menyampaikan selamat atas kesuksesan para wisudawan dalam menyelesaikan proses pendidikan di perguruan tinggi. Perlu difahami bahwa karakter utama sarjana pendidikan adalah perannya dalam membangun karakter dan kesadaran dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, perannya menjadi penting. Semoga para wisudawan dapat menjadikan dirinya teladan dalam kehidupan bermasyarakat dan mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas kehidupan bangsa dan negara di masa yang akan datang.

Sementara itu, kesan dan pesan dari wisudawan disampaikan oleh Dorkas Paulina Saroi, wisudawan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah yang berasal dari Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat. Ia mengungkapkan kebanggannya menjadi keluarga besar alumni kampus nasional yang bernama STKIP Siliwangi Bandung. ()