Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung

Kamis, 8 Desember 2016

Rabu, 7 Desember 2016, Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung kembali melaksanakan Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika yang digelar di Gedung Graha Panca Bhakti STKIP Siliwangi Bandung. Kegiatan tersebut diikuti oleh 600 orang peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi, dan mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya, Palembang. Hadir sebagai keynote Speaker adalah Prof. Dr. Ratu Ilma Indra Putri, M.Si, guru besar Matematika Universitas Sriwijaya, Palembang; Prof. Dr. Utari Sumarmo, Tim Hibah Pascasarjana STKIP Siliwangi Bandung dan Dr. H. Sufyani Prabawanto, M.Ed, Ketua Departemen Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia.

Dalam acara tersebut, hadir pula Pimpinan STKIP Siliwangi Bandung. Dalam sambutannya, Ketua STKIP Siliwangi Bandung, Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd, yang diwaliki oleh Wakil Ketua I, Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. menyebutkan bahwa seminar nasional kali ini mengangkat tema tentang Implementasi Pembelajaran Matematika Inovatif dalam Mengembangkan Kemampuan Pendidik dan Peserta Didik untuk Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN bukanlah tanpa alasan. Globalisasi terutama di tingkat regional ASEAN telah memasuki berbagai sendi kehidupan berbangsa dan bernegara termasuk diantaranya adalah dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu, bangsa Indonesia perlu untuk membangun karakter pendidik dan peserta didik terutama dalam bidang pendidikan Matematika agar mampu bersaing dengan bangsa lainnya. Kesejajaran tidak dapat dibangun berdasarkan kekuatan fisik sematan, melainkan perlu dibangun dengan kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan, dan Matematika adalah kekuatan untuk mengajarkan karakter jujur dan teguh dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ketua Pelaksana, Wahyu Hidayat, M.Pd. yang juga Kepala Bagian Kemahasiswaan STKIP Siliwangi Bandung menjelaskan bahwa kegiatan seminar Pendidikan Matematika telah berjalan sejak tahun 2012, dan akan terus ditingkatkan kualitasnya, sesuai dengan capaian visi dan misi STKIP Siliwangi Bandung. Sehingga kampus STKIP Siliwangi dapat memberikan hasanah pengetahuan yang terbarukan berbasis riset sebagai hasil dari inovasi sivitas akademika STKIP Siliwangi Bandung.