Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Pemanfaatan Eceng Gondok Sebagai Bahan Handycraft

Rabu, 23 November 2016

Pada Sabtu, 20 November 2016 Tim Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Siliwangi Bandung melaksanakan pengabdian kepada masyarakat bertempat di PKBM Al Karomah, Desa Cililin, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan tersebut diisi dengan berbagai pelatihan yang berusaha untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam mengelola limbah eceng gondok di daerah aliran sungai Citarum.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan pengabdian yang dibiayai oleh Simlitabmas Dikti untuk tahun anggaran 2016. Dosen STKIP Siliwangi selain melaksanakan program pengabdian secara mandiri juga melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap layanan pendidikan tinggi di berbagai lokasi yang tersebar di daerah Jawa Barat.

Tim yang terdiri dari Asep Samsudin, M.Pd. dan Hendra Husnussalam, M.Hum memilih program pemberdayaan di aliran sungai Citarum karena selama ini masih terdapat permasalahan dalam kualitas kehidupan masyarakat yang berada di daerah aliran sungai, dengan program ini diharapkan masyarakat mampu memahami perannya sebagai agen peningkatan kualitas ekologi di sekitar daerah aliran sungai, sehingga kemampuan dan kapasitas sungai tetap terjaga dan kualitas kehidupan masyarakat pun dapat ditingkatkan.